Sekilas Sejarah Tentang PAFI Indonesia di Area Kota Sungguminasa : pafikotasungguminasa.org


pafikotasungguminasa.org ialah situs resmi yang dibuat oleh organisasi profesi yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang beralamatkan di Jl. Nuri. Tepatnya di Jalan Nuri yang terletak di Sungguminasa. Tepatnya Kecamatan Somba Opu di Kabupaten Gowa. Lokasinya di Provinsi Sulawesi Selatan dengan Kode Pos 92113, Indonesia. 

Farmasi berasal dari kata Yunani Pharmacon yang berarti obat. Di setiap bangsa, termasuk Indonesia, profesi ahli farmasi sangatlah penting. Hal ini karena apotek merupakan bidang keahlian dalam bidang kesejahteraan pekerja yang bertanggung jawab menjamin keberlangsungan dan keamanan penggunaan obat-obatan tertentu.

Sejarah PAFI dan Republik Indonesia sangat mirip. Tepatnya setengah tahun setelah Deklarasi Kemerdekaan tepatnya tanggal 13 Februari 1946, para pakar farmasi berkumpul di Penginapan Merdeka Yogyakarta, pertemuan ini menghasilkan penunjukan Tuan Zainal Abidin sebagai Direktur PAFI untuk awal berdirinya PAFI.

Persatuan ahli farmasi Indonesia yang disingkat (PAFI) merupakan organisasi kefarmasian pertama dan tertua di Indonesia, merupakan organisasi profesi tempat berkumpulnya ahli farmasi profesional Asisten ahli farmasi (AA) di seluruh Indonesia. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1946, perkumpulan ini dipercaya untuk mewajibkan pemanggilan rekan-rekan spesialis obat atau tenaga kerja khusus obat (TTK).

Untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, PAFI membina koordinasi dan kerjasama dengan Organisasi Profesi Kesehatan lainnya, menjunjung tinggi moral dan kode etik, serta memerangi obat-obatan terlarang. Asisten ahli farmasi adalah tenaga kesehatan yang bertanggung jawab menjamin keamanan dan efektivitas obat yang memadukan ilmu kimia dan kesehatan.

Karena hanya pendidikan Asisten ahli farmasi yang diperbolehkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda, bahkan para perintisnya harus dididik langsung dari Belanda, maka profesi Asisten ahli farmasi muncul lebih dulu dibandingkan dengan profesi ahli farmasi.

Perjalanan Apotek Indonesia terus berkembang dalam mengembangkan kualitas dan memperluas SDM yang mampu menangani hal tersebut. Seperti yang tercantum di situs pafikotasungguminasa.org, farmasi Indonesia, dalam perjalanan panjangnya, telah menunjukkan bahwa mereka mampu memberikan kontribusi yang berarti dan berarti bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Related Posts

Sekilas Sejarah Tentang PAFI Indonesia di Area Kota Sungguminasa : pafikotasungguminasa.org
4/ 5
Oleh